Saturday 14 March 2015

Cara Membasmi Virus .bat/Batch File Dengan Dua Teknik

Sedikit perkenalan dengan virus .bat/batch file ini adalah virus yang menggandakan dirinya dalam setiap folder yang ada di dalam komputer/laptop kita. Jika virus tersebut sudah di eksekusi, maka virus .bat secara otomatis tersalin kedalam semua folder yang ada. Sebenarnya virus batch ini tidak membahayakan, krena virus ini tidak menyerang system windows pada komputer,,, cuman virus ini sedikit menggangu penglihatan karena setiap membuka folder akan ada file batch yang namanya sama dengan folder yang akan kita buka. 



Salah satu contoh tampilan komputer yang sudah terserang virus .bat

Example

Untuk mengatasi virus batch file ini, saya akan memberikan dua cara yaitu menggunakan software yang ukurannya sangat kecil dan hanya perlu beberapa detik untuk mendownload file tersebut, dan cara yang satunya dengan meggunakan script. Berikut ulasannya :

1. Menggunakan Software

Dengan cara ini kita hanya membutuhkan sebuah software yang telah di buat khusus untuk membasmi virus .bat yang sudah tersebar di setiap folder pada komputer kita. Untuk mendapatkan softwarenya,silahkan teman teman download pada link yang sudah saya sediakan di bawah ini.



Setelah softwarenya berhasil di download, silahkan ikuti langkah langkah di bawah ini :
1. Extract file yang sudah di download
2. Klik dua kali file app.exe sampai keluar tampilan seperti pada gambar di bawah

Tampilan software untuk membasmi virus .bat
3. Pilih partisi yang akan di bersihkan (memilih partisi dengan menekan nomor 1 untuk drive C, 2 untuk drive D dan seterusnya)
4. Tunggu hingga proses scan selesai
5. Tekan sembarang tombol untuk memulai lagi scaning pada partisi yang lainnya
Ulangi langkah langkah di atas untuk membasmi virus .bat pada partisi yang lain.

2. Menggunakan Script

Untuk diketahui, script pada virus .bat ini dibuat untuk menggandakan diri pada setiap folder (copy), untuk itu sekarang kita akan membuat script terbalik dari tujuan utama virus ini yaitu menghapus (del) dirinya sendiri secara otomatis pada setiap folder yang sudah terinfeksi :D

Caranya, cari salah satu file .bat pada salah satu folder yang terinfeksi, klik kanan dan pilih edit, maka akan keluar notepad yang menampilkan script dari virus .bat seperti pada gambar di bawah :

contoh script virus .bat
Script di atas akan kita edit sehingga terlihat seperti pada gambar di bawah :

contoh script untuk menghapus virus .bat
Tekan Ctrl+S untuk menyimpan perintah script yang sudah kita edit. Selanjutnya buka/atau klik 2x file .bat yang sudah kita edit tadi, tunggu hingga proses selesai untuk melihat hasilnya,,, :D

Demikian dua cara membasmi virus batch file yang sangat mudah dan cepat, SEMOGA BERMANFAAT :)

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com