Wednesday 3 June 2015

Daftar Kode Error Pada Printer Brother dan Cara Mengatasinya

Dari semua jenis dan type printer manapun tentu tidak akan luput dari yang namanya error, error yang terjadipun berpariasi dan disebabkan oleh hal-hal yang bereda pula. Mulai dari cartridge kehabisan tinta, ada kertas atau benda nyangkut dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang sudah bisa dan terbiasa mengatasi masalah error pada printer mungkin hal itu bukan menjadi masalah lagi, tapi bagi teman-teman yang belum tau cara menanganinya tentu akan menjadi masalah, bisa-bisa malah pusing dan emosi :D

Berikut saya ingin bagikan daftar kode error pada printer Brother dan cara mengatasinya :

Error 30,31,32,33,34,35,36,37,38,39,3C,3F : Paper jam atau kertas nyangkut, Silahkan cek printer brother anda, mungkin ada potongan kertas yang masih tersisa didalam roll printer.

Error 50,51,52,57,5A,5B,5C,5D,5E : Hampir sama dengan masalah diatas, yaitu paper jam.Cuman pada error ini ada kemungkinan dibarengi dengan sensor yang kotor atau rusak.  

Error 40,42,43,44 : Temperatur printer terlalu tinggi atau suhu panas pada printer melebihi ambang batas. Solusinya, biarkan printer dalam keadaan mati, buka semua cover untuk mendinginkan suhu printer. Jika sudah normal coba nyalakan kembali.

Error 46 : Ink absorver atau tangki  pembuangan tinta didalam printer berupa gabus sudah full. Solusinya silahkan ganti absorver pad dan reset printer. Jika belum pernah membongkar printer sendiri, lebih baik bawa ke tukang service supaya kerusakan tidak merembet ke part yang lain.

Error 48, 4F : Untuk error ini biasanya bermasalah pada print head printer. Print head konslet atau cuma tersangkut sehingga tidak bisa bergerak. Coba buka cover printer, lihat apakah ada yang mengganggu pergerakan print head. jika tidak kemungkinan print head printer rusak. jika belum bisa bongkar sendiri, lebih baik bawa ke tempat service.

Error 8F : Terdapat kerusakan pada motor penarik kertas, solusinya ganti penarik kertas dengan yang masih normal atau bisa digunakan.

Error A5,A6,A7,A8,AF : Scanner rusak, ganti scanner printer brother Anda.

Error E2, E3 : Motherboard printer rusak, ganti motherboard dengan yang baru.

Sekian daftar kode error pada printer brother, semoga bisa menjadi solusi ketika terjadi error seperti diatas. Terimakasih.

2 comments:

  1. ass.. gan mo nanya kalo di brother dcp-T710W refill bk itu gemana solusinya ya gan?trmksih

    ReplyDelete
  2. Kalau error fe00 gimana solusinya kk?
    Sya sudah cari tutorial tapi tetap tidak bisa siapa tau kk bisa bantu saya terimakasih

    ReplyDelete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com